Laman

Senin, 25 Juni 2012

rusni mato, EVALUASI KEPERAWATAN


EVALUASI KEPERAWATAN
Lingkup Bahasan
·         Pendahuluan
·         Tujuan
·         Proses evaluasi
·         Dokumentasi
              
  1.    PENDAHULUAN
·         Evaluasi adalah tindakan intelektual untuk melengkapi proses keperawatan yang menandakan seberapa jauh diagnosa keperawatan,rencana tindakan,dan pelaksanaanya yang sudah behasil di capai.
  1. TUJUAN EVALUASI
·         Melihat kemampuan klien dalam mencapai tujuan.mis mengadakan hubungan dengan klien berdasarkan respon klien terhadap tindakan kep yang di berikan sehingga perawat dapat mengambil keputusan :
·         Mengakhiri rencana tindakan kep (klien mencapai tujuan yg di tetapkan)
·         Memodifikasi rencana tindakan kep (klien mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan)
·         Meneruskan rencana tindakan kep (klien memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai tujuan)
  1. PROSES EVALUASI
Proses evaluasi terdiri dari 2 tahap :
·         Mengukur pencapain tujuan klien
·         Membandingkan data yang terkumpul dengan tujuan dan pencapaian tujuan
1.Mengukur pencapain tujuan klien
  1. Kognitif (Pengetahuan)
Lingkup evaluasi pada kognitif meliputi pengetahuan klien terhadap penyakitnya,mengontrol gejala-gejalanya,pengobatan,diet,aktivitas,persedian alat-alat,resiko komplikasi,gejala yang di laporkan,pencegahan,pengukuran alat-alat dan .
Evaluasi kognitif dapat di peroleh melalui interview atau tes tertulis.
  1. Afektif (status emosional )
cenderung ke penilaian yang subyektif dan sangat sukar di evaluasi.hasil evaluasi di tulis dalam bentuk perilaku yang akan memberikan sesuatu indikasi terhadap status emosi klien .
   
   
Cont…..
q   Observasi secara langsung.perawat mengobservasi ekspresi wajah ,postur tubuh dan nada suara serta isi pesan secara verbal pada waktu melakukan wawancara.
q  Fedback dari staf kesehatan yang lain.
  1. Psikomotor
                hal ini bisa di lakukan melalui observasi secara langsung dengan melihat apa yang telah di lakukan klien sesuai dengan yang di harapkan adalah suatu cara yang terbaik untuk mengevaluasi psikomotor klien.
  1. Perubahan fungsi tubuh dan gejala
      mencakup beberapa aspek status kesehatan klien yang bisa di observasi sec langsung.mis interview dan pemeriksaan fisik.
  1. Penentuan keputusan pada tahap evaluasi                                  
q   keputusan dalam tahap evaluasi
a)      Klien mencapai hasil yang di tentukan dalam tujuan.
b)      Klien masih dalam proses pencapain hasil yang di tentukan.
c)       Klien tidak dapat mencapai hasil yang telah di tentukan.
  1. Komponen Evaluasi
Menentukan kriteria,standar,dan pertanyaan evaluasi
Mengumpulkan data mengenai keadaan klien terbaru.
Menganalisa & membandingkan data terhadap kriteria dan standar .
Merangkum hasil dan membuat kesimpulan
 melaksanakan tindakan yang sesuai berdasarkan kesimpulan
1)      Menentukan kriteria,standar,& pertanyaan evaluasi                                
q  Kriteria
   kriteria di gunakan sebagai pedoman observasi untuk pengumpulan data dan sebagai penentuan kesahihan data yang terkumpul.sedangkan standar kep di gunakan lebih luas sbgai dasar evaluasi praktek keperawatan sec luas.
q   Standar praktek
    suatu standar menyatakan apa yang harus di laksanakan dan di gunakan sebagai suatu model untuk kualitas pelayanan.standar harus berdasarkan hasil penelitian,konsep teori,dan dapat di terima oleh praktek klinik keperawatan saat sekarang.
     Mis : Standar praktek keperawatan yang di susun oleh ANA.
Evaluasi questions                           
Pengkajian : apakah pengkajian dapat di laksanakan kepada klien 
Diagnosa; Apakah diagnosa di susun bersama dengan klien
Perencanaan : apakah tujuan di dentifikasi dalam perencanaan
Pelaksanaan :apakah klien di beritahu terhadap tindakan yang di berikan
Evaluasi : apakah modifikasi tindakan keperawatan di perlukan.
2)      Mengumpulkan data mengenai situasi saat sekarang
Pada tahap ini perlu mempertimbangkan  bebrapa pertanyaan.siapa yang bertanggung jawab dalam pengumpulan data,kapan data di kumpulkan dan alat apa yang akan di gunakan untuk mengumpulkan informasi .
3)       Menganalisa dan membandingkan data terhadap kriteria dan standar                          
Perawat memerlukan suatu keterampilan dalam berfikir kritis
Apakah tindakan keperawatan di berikan sesuai standar kep
Dapat mengidentifikasi faktor –faktor yang mungkin bisa mempengaruhi efektifitas pelayanan keperawatan.
4)      Merangkum hasil dan membuat kesimpulan
q   pada tahap ini adalah menyimpulkan efektifitas terhadap semua tindakan yang telah di laksanakan.kemudian menentukan suatu kesimpulan pada setiap diagnosa yang telah di lakukan intervensi.
q  Perlu di ingat disini tidak mungkin membuat suatu perencanaan 100 % berhasil.
q  Memerlukan suatu perbaikan atau perubahan – perubahan,sebaliknya tidak mungkin perencanaan yang ada 100 % salah
4)      Melaksanakan tindakan yang sesuai berdasarkan kesimpulan                                
Perawat melakukan suatu tindakan berdasarkan hasil kesimpulan yang sudah di perbaiki dari perencanaan ulang,tujuan ,kriteria hasil,dan rencana tindakan keperawatan.
Pengkajian di laksanakan secara rutin dan berkesinambungan.
Aspek –aspek khusus perlu di kaji ulang dan penambahan data untuk akurasi suatu tindakan keperawatan.
D. Dokumentasi                             
     Perawat mendokumentasikan hasil yang telah atau belum di capai pada “medical records “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar