Laman

Minggu, 29 Januari 2012

VIRGINIA HENDERSON


VIRGINIA HENDERSON
Latar Belakang
¡  Konsep keperawatan Henderson berasal bentuk praktik dan pendidikan karena itu, pekerjaannya induktif ..
¡  Dia menekankan pentingnya meningkatkan kemandirian pasien sehingga kemajuan setelah rawat inap tidak akan tertunda (Henderson, 1991)
¡  Virginia Henderson didefinisikan keperawatan sebagai "individu membantu untuk mendapatkan kemerdekaan dalam kaitannya dengan kinerja kegiatan berkontribusi untuk kesehatan atau pemulihan" (Henderson, 1966).
¡  Dia dikategorikan kegiatan keperawatan menjadi 14 komponen, yang didasarkan pada kebutuhan manusia. 
¡  Ia menggambarkan peran perawat sebagai substitutive (melakukan untuk orang), membantu orang, bekerja dengan orang, dengan tujuan membantu orang menjadi sebagai independen mungkin.
¡  Definisinya keperawatan adalah salah satu pernyataan pertama jelas menggambarkan keperawatan dari obat

"Fungsi yang unik dari perawat adalah untuk membantu pengetahuan individu, sakit atau sehat, dalam kinerja kegiatan berkontribusi untuk kesehatan atau pemulihan (atau sampai mati damai) bahwa ia akan tampil apa adanya jika ia memiliki kekuatan yang diperlukan, akan atau Dan untuk melakukan ini sedemikian rupa untuk membantu dia mendapatkan kemerdekaan secepat mungkin "(Henderson, 1966)..
Ke-14 komponen
  1. Bernapas normal. 
  2. Makan dan minum cukup.
  3. Hilangkan limbah tubuh.
  4. Pindahkan dan mempertahankan postur yang diinginkan.
  5. Tidur dan istirahat.
  6. Pilih pakaian-pakaian yang cocok dan pakaian.
  7. Mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran normal dengan menyesuaikan pakaian dan memodifikasi lingkungan
  8. Menjaga tubuh bersih dan terawat dan melindungi integumen yang
  9. Hindari bahaya di lingkungan dan menghindari melukai orang lain.
  10. Berkomunikasi dengan orang lain dalam mengekspresikan emosi, kebutuhan, ketakutan, atau pendapat.
  11. Beribadat menurut iman seseorang.
  12. Bekerja sedemikian rupa sehingga ada rasa keberhasilan.
  13. Bermain atau berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi.
  14. Belajar, menemukan, atau memuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan normal dan kesehatan dan menggunakan fasilitas kesehatan yang tersedia.
Yang 9 komponen pertama bersifat fisiologis. Kesepuluh dan empat belas merupakan aspek psikologis dari berkomunikasi dan belajar Komponen kesebelas adalah spiritual dan moral Komponen kedua belas dan ketiga belas yang berorientasi sosiologis atas pendudukan dan rekreasi
Asumsi utama teori ini adalah:
¡  "Perawat merawat pasien sampai pasien dapat merawat diri mereka sendiri sekali lagi. Pasien keinginan untuk kembali ke kesehatan, tetapi asumsi ini tidak secara eksplisit dinyatakan.
¡  Perawat bersedia untuk melayani dan bahwa "perawat akan mencurahkan diri untuk hari pasien dan malam" Asumsi terakhir adalah bahwa perawat harus dididik di tingkat universitas baik dalam seni dan ilmu pengetahuan
PARADIGMA KEPERAWATAN
PERSON
¡  Memiliki kebutuhan dasar yang komponen kesehatan.
¡  Memerlukan bantuan untuk mencapai kesehatan dan kemerdekaan atau kematian yang damai.
¡  Pikiran dan tubuh tidak dapat dipisahkan dan saling terkait.
¡  Menganggap komponen biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual.
¡  Teori ini menyajikan pasien sebagai jumlah dari bagian-bagian dengan kebutuhan biopsikososial, dan pasien bukan klien atau konsumen
ENVIROTMENT
¡  Pengaturan di mana seorang individu belajar pola yang unik untuk hidup.
¡  Semua kondisi dan pengaruh eksternal yang mempengaruhi kehidupan dan pembangunan.
¡  Individu dalam kaitannya dengan keluarga
¡  Minimal membahas dampak masyarakat pada individu dan keluarga.
¡  Mendukung tugas lembaga swasta dan publik Masyarakat menginginkan dan mengharapkan perawat untuk bertindak bagi individu yang tidak dapat berfungsi secara independen. Sebagai imbalannya dia mengharapkan masyarakat untuk berkontribusi untuk pendidikan keperawatan.
¡  Asuhan keperawatan dasar mencakup kondisi di mana menyediakan pasien dapat melakukan aktivitas tanpa bantuan 14
HEALT
¡  Definisi berdasarkan kemampuan individu untuk berfungsi secara independen seperti diuraikan dalam 14 komponen.
¡  Perawat perlu stres promosi kesehatan dan pencegahan dan penyembuhan penyakit.
¡  Kesehatan yang baik adalah sebuah tantangan. Dipengaruhi oleh usia, latar belakang budaya, fisik, dan kapasitas intelektual, dan keseimbangan emosional Apakah kemampuan individu untuk memenuhi kebutuhan secara mandiri?
NURSING
¡  Membantu seorang individu yang tidak memiliki kekuatan akan, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memenuhi 1 atau lebih dari 14 kebutuhan dasar.
¡  Membantu dan mendukung individu dalam aktivitas kehidupan dan pencapaian kemerdekaan.
¡  Perawat berfungsi untuk membuat pasien "lengkap" "keseluruhan", atau "independen."
¡  Henderson klasik definisi keperawatan: "Saya mengatakan bahwa perawat tidak untuk orang lain apa yang akan mereka lakukan untuk diri mereka sendiri jika mereka memiliki kekuatan, akan, dan pengetahuan Tapi aku pergi ke mengatakan bahwa perawat membuat pasien independen dari dia atau. secepat mungkin. "
¡  Perawat diharapkan untuk melaksanakan rencana terapi dokter perawatan individual adalah hasil dari kreativitas perawat dalam perencanaan untuk perawatan.
¡  Menggunakan penelitian keperawatan
ü  Categorized Perawatan: asuhan keperawatan
ü  Non keperawatan: memesan persediaan, kebersihan dan menyajikan makanan.
ü  Di Alam Ilmu Keperawatan "bahwa perawat dan harus secara hukum, seorang praktisi independen dan mampu membuat penilaian independen asalkan s / dia tidak mendiagnosis, resep pengobatan untuk penyakit, atau membuat prognosis, karena ini adalah fungsi dokter . "
ü  "Perawat harus memiliki pengetahuan untuk praktek perawatan individual dan manusia dan harus menjadi pemecah masalah ilmiah."
ü  Dalam Alam peran Keperawatan Perawat adalah, "untuk masuk ke dalam kulit pasien dan suplemen kekuatannya akan atau pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya."
ü  Dan perawat memiliki tanggung jawab untuk menilai kebutuhan pasien individu, membantu individu memenuhi kebutuhan kesehatan mereka, dan atau menyediakan lingkungan di mana individu dapat melakukan aktivitas tanpa bantuan
ü  Definisi klasik keperawatan Henderson "Saya mengatakan bahwa perawat tidak untuk orang lain apa yang akan mereka lakukan untuk diri mereka sendiri jika mereka memiliki kekuatan, kemauan, dan pengetahuan.
ü  Tapi aku pergi ke mengatakan bahwa perawat membuat pasien independen dari dia sesegera mungkin. "
Karakteristik teori Henderson
¡  Ada interelasi konsep sedemikian rupa untuk menciptakan cara berbeda dalam memandang suatu fenomena tertentu.
¡  Konsep kebutuhan dasar manusia, biophysiology, budaya, dan interaksi, komunikasi yang dipinjam dari discipline.Eg lainnya .. Maslow Hirarki kebutuhan manusia; konsep interaksi-komunikasi perawat-pasien hubungan yaitu
¡  Definisi dan komponen logis dan 14 komponen panduan bagi individu dan perawat dalam mencapai tujuan yang dipilih.
¡  Teori harus relatif sederhana namun digeneralisasikan.
¡  Karyanya dapat diterapkan pada kesehatan individu dari segala usia.
¡  Teori dapat menjadi basis untuk hipotesis yang dapat diuji. Definisinya keperawatan tidak dapat dipandang sebagai teori, karena itu, adalah mustahil untuk menghasilkan hipotesis diuji.
¡  Namun beberapa pertanyaan untuk menyelidiki definisi keperawatan dan 14 komponen mungkin berguna.
¡  Teori berkontribusi dan membantu dalam meningkatkan tubuh secara umum pengetahuan dalam disiplin melalui penelitian dilaksanakan untuk memvalidasi mereka.
¡  Idenya praktik keperawatan diterima dengan baik di seluruh dunia sebagai dasar untuk perawatan.
¡  Namun, dampak dari definisi dan komponen belum ditetapkan melalui penelitian.
¡  Teori dapat dimanfaatkan oleh praktisi untuk membimbing dan meningkatkan praktek mereka.
¡  Idealnya perawat akan meningkatkan praktik keperawatan dengan menggunakan definisi dan 14 komponen untuk meningkatkan kesehatan individu dan dengan demikian mengurangi penyakit.
KEgulan
¡  Perawatan pendidikan telah sangat dipengaruhi oleh visi yang jelas Henderson fungsi perawat.
¡  Prinsip-prinsip teori Henderson diterbitkan dalam buku ajar keperawatan utama yang digunakan dari tahun 1930-an melalui tahun 1960-an, dan prinsip-prinsip oleh 14 kegiatan masih penting dalam mengevaluasi asuhan keperawatan di thee21st centaury.
¡  Lainnya konsep bahwa Henderson (1966) yang diusulkan telah digunakan dalam pendidikan keperawatan dari tahun 1930-an sampai sekarang O'Malley, 1996)
KETERBATASAN
¡  Kurangnya hubungan konseptual antara karakteristik manusia fisiologis dan lainnya.
¡  Ada konsep holistik sifat manusia.
¡  Jika asumsi yang dibuat bahwa 14 komponen diprioritaskan, hubungan antara komponen-komponen tidak jelas.
¡  Saling berkaitan faktor dan pengaruh asuhan keperawatan.
¡  Membantu individu dalam proses sekarat ia berpendapat bahwa perawat membantu, tapi ada sedikit penjelasan dari apa yang perawat tidak.
¡  "Kematian Damai" adalah peran keperawatan penasaran dan signifikan
Kesimpulan
¡  Henderson menyediakan esensi dari apa yang dia percaya adalah definisi dari keperawatan.
¡  Dia tidak berniat untuk mengembangkan teori keperawatan melainkan ia mencoba untuk menentukan fokus unik keperawatan.
¡  Penekanannya pada kebutuhan dasar manusia sebagai fokus sentral dari praktik keperawatan telah menyebabkan pengembangan teori lebih lanjut mengenai kebutuhan orang dan bagaimana keperawatan dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
¡  Definisinya keperawatan dan 14 komponen asuhan keperawatan dasar tidak rumit dan cukup jelas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar