VIRGINIA HENDERSON
Latar Belakang
¡ Konsep
keperawatan Henderson berasal bentuk praktik dan pendidikan karena itu,
pekerjaannya induktif ..
¡ Dia
menekankan pentingnya meningkatkan kemandirian pasien sehingga kemajuan setelah
rawat inap tidak akan tertunda (Henderson, 1991)
¡ Virginia
Henderson didefinisikan keperawatan sebagai "individu membantu untuk
mendapatkan kemerdekaan dalam kaitannya dengan kinerja kegiatan berkontribusi
untuk kesehatan atau pemulihan" (Henderson, 1966).
¡ Dia
dikategorikan kegiatan keperawatan menjadi 14 komponen, yang didasarkan pada
kebutuhan manusia.
¡ Ia
menggambarkan peran perawat sebagai substitutive (melakukan untuk orang),
membantu orang, bekerja dengan orang, dengan tujuan membantu orang menjadi
sebagai independen mungkin.
¡ Definisinya
keperawatan adalah salah satu pernyataan pertama jelas menggambarkan
keperawatan dari obat
"Fungsi yang
unik dari perawat adalah untuk membantu pengetahuan individu, sakit atau sehat,
dalam kinerja kegiatan berkontribusi untuk kesehatan atau pemulihan (atau
sampai mati damai) bahwa ia akan tampil apa adanya jika ia memiliki kekuatan yang diperlukan, akan atau
Dan untuk melakukan ini sedemikian rupa untuk membantu dia mendapatkan
kemerdekaan secepat mungkin "(Henderson, 1966)..
Ke-14 komponen
- Bernapas normal.
- Makan dan minum cukup.
- Hilangkan limbah tubuh.
- Pindahkan dan mempertahankan postur yang diinginkan.
- Tidur dan istirahat.
- Pilih pakaian-pakaian yang cocok dan pakaian.
- Mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran normal dengan menyesuaikan pakaian dan memodifikasi lingkungan
- Menjaga tubuh bersih dan terawat dan melindungi integumen yang
- Hindari bahaya di lingkungan dan menghindari melukai orang lain.
- Berkomunikasi dengan orang lain dalam mengekspresikan emosi, kebutuhan, ketakutan, atau pendapat.
- Beribadat menurut iman seseorang.
- Bekerja sedemikian rupa sehingga ada rasa keberhasilan.
- Bermain atau berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi.
- Belajar, menemukan, atau memuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan normal dan kesehatan dan menggunakan fasilitas kesehatan yang tersedia.
Yang 9 komponen pertama bersifat
fisiologis. Kesepuluh dan empat belas merupakan aspek psikologis dari
berkomunikasi dan belajar Komponen kesebelas adalah spiritual dan moral
Komponen kedua belas dan ketiga belas yang berorientasi sosiologis atas
pendudukan dan rekreasi
Asumsi utama teori ini adalah:
¡ "Perawat
merawat pasien sampai pasien dapat merawat diri mereka sendiri sekali lagi.
Pasien keinginan untuk kembali ke kesehatan, tetapi asumsi ini tidak secara
eksplisit dinyatakan.
¡ Perawat
bersedia untuk melayani dan bahwa "perawat akan mencurahkan diri untuk
hari pasien dan malam" Asumsi terakhir adalah bahwa perawat harus dididik
di tingkat universitas baik dalam seni dan ilmu pengetahuan
PARADIGMA
KEPERAWATAN
PERSON
¡ Memiliki
kebutuhan dasar yang komponen kesehatan.
¡ Memerlukan
bantuan untuk mencapai kesehatan dan kemerdekaan atau kematian yang damai.
¡ Pikiran
dan tubuh tidak dapat dipisahkan dan saling terkait.
¡ Menganggap
komponen biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual.
¡ Teori
ini menyajikan pasien sebagai jumlah dari bagian-bagian dengan kebutuhan
biopsikososial, dan pasien bukan klien atau konsumen
ENVIROTMENT
¡ Pengaturan
di mana seorang individu belajar pola yang unik untuk hidup.
¡ Semua
kondisi dan pengaruh eksternal yang mempengaruhi kehidupan dan pembangunan.
¡ Individu
dalam kaitannya dengan keluarga
¡ Minimal
membahas dampak masyarakat pada individu dan keluarga.
¡ Mendukung
tugas lembaga swasta dan publik Masyarakat menginginkan dan mengharapkan
perawat untuk bertindak bagi individu yang tidak dapat berfungsi secara
independen. Sebagai imbalannya dia mengharapkan masyarakat untuk
berkontribusi untuk pendidikan keperawatan.
¡ Asuhan
keperawatan dasar mencakup kondisi di mana menyediakan pasien dapat melakukan
aktivitas tanpa bantuan 14
HEALT
¡ Definisi
berdasarkan kemampuan individu untuk berfungsi secara independen seperti
diuraikan dalam 14 komponen.
¡ Perawat
perlu stres promosi kesehatan dan pencegahan dan penyembuhan penyakit.
¡ Kesehatan
yang baik adalah sebuah tantangan. Dipengaruhi oleh usia, latar belakang
budaya, fisik, dan kapasitas intelektual, dan keseimbangan emosional Apakah
kemampuan individu untuk memenuhi kebutuhan secara mandiri?
NURSING
¡ Membantu seorang individu
yang tidak memiliki kekuatan akan, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk
memenuhi 1 atau lebih dari 14 kebutuhan dasar.
¡ Membantu
dan mendukung individu dalam aktivitas kehidupan dan pencapaian kemerdekaan.
¡ Perawat
berfungsi untuk membuat pasien "lengkap" "keseluruhan",
atau "independen."
¡ Henderson
klasik definisi keperawatan: "Saya mengatakan bahwa perawat tidak
untuk orang lain apa yang akan mereka lakukan untuk diri mereka sendiri jika
mereka memiliki kekuatan, akan, dan pengetahuan Tapi aku pergi ke mengatakan
bahwa perawat membuat pasien independen dari dia atau. secepat mungkin. "
¡ Perawat
diharapkan untuk melaksanakan rencana terapi dokter perawatan individual adalah
hasil dari kreativitas perawat dalam perencanaan untuk perawatan.
¡ Menggunakan
penelitian keperawatan
ü Categorized
Perawatan: asuhan keperawatan
ü Non
keperawatan: memesan persediaan, kebersihan dan menyajikan makanan.
ü Di
Alam Ilmu Keperawatan "bahwa perawat dan harus secara hukum, seorang
praktisi independen dan mampu membuat penilaian independen asalkan s / dia
tidak mendiagnosis, resep pengobatan untuk penyakit, atau membuat prognosis,
karena ini adalah fungsi dokter . "
ü "Perawat
harus memiliki pengetahuan untuk praktek perawatan individual dan manusia dan
harus menjadi pemecah masalah ilmiah."
ü Dalam
Alam peran Keperawatan Perawat adalah, "untuk masuk ke dalam kulit pasien
dan suplemen kekuatannya akan atau pengetahuan sesuai dengan
kebutuhannya."
ü Dan
perawat memiliki tanggung jawab untuk menilai kebutuhan pasien individu,
membantu individu memenuhi kebutuhan kesehatan mereka, dan atau menyediakan
lingkungan di mana individu dapat melakukan aktivitas tanpa bantuan
ü Definisi
klasik keperawatan Henderson "Saya mengatakan bahwa perawat tidak untuk
orang lain apa yang akan mereka lakukan untuk diri mereka sendiri jika mereka
memiliki kekuatan, kemauan, dan pengetahuan.
ü Tapi
aku pergi ke mengatakan bahwa perawat membuat pasien independen dari dia
sesegera mungkin. "
Karakteristik teori Henderson
¡ Ada
interelasi konsep sedemikian rupa untuk menciptakan cara berbeda dalam
memandang suatu fenomena tertentu.
¡ Konsep
kebutuhan dasar manusia, biophysiology, budaya, dan interaksi, komunikasi yang
dipinjam dari discipline.Eg lainnya .. Maslow Hirarki kebutuhan manusia;
konsep interaksi-komunikasi perawat-pasien hubungan yaitu
¡ Definisi
dan komponen logis dan 14 komponen panduan bagi individu dan perawat dalam
mencapai tujuan yang dipilih.
¡ Teori
harus relatif sederhana namun digeneralisasikan.
¡ Karyanya
dapat diterapkan pada kesehatan individu dari segala usia.
¡ Teori
dapat menjadi basis untuk hipotesis yang dapat diuji. Definisinya
keperawatan tidak dapat dipandang sebagai teori, karena itu, adalah mustahil
untuk menghasilkan hipotesis diuji.
¡ Namun
beberapa pertanyaan untuk menyelidiki definisi keperawatan dan 14 komponen
mungkin berguna.
¡ Teori
berkontribusi dan membantu dalam meningkatkan tubuh secara umum pengetahuan
dalam disiplin melalui penelitian dilaksanakan untuk memvalidasi mereka.
¡ Idenya
praktik keperawatan diterima dengan baik di seluruh dunia sebagai dasar untuk
perawatan.
¡ Namun,
dampak dari definisi dan komponen belum ditetapkan melalui penelitian.
¡ Teori
dapat dimanfaatkan oleh praktisi untuk membimbing dan meningkatkan praktek
mereka.
¡ Idealnya
perawat akan meningkatkan praktik keperawatan dengan menggunakan definisi dan
14 komponen untuk meningkatkan kesehatan individu dan dengan demikian
mengurangi penyakit.
KEgulan
¡ Perawatan
pendidikan telah sangat dipengaruhi oleh visi yang jelas Henderson fungsi perawat.
¡ Prinsip-prinsip
teori Henderson diterbitkan dalam buku ajar keperawatan utama yang digunakan
dari tahun 1930-an melalui tahun 1960-an, dan prinsip-prinsip oleh 14 kegiatan
masih penting dalam mengevaluasi asuhan keperawatan di thee21st centaury.
¡ Lainnya
konsep bahwa Henderson (1966) yang diusulkan telah digunakan dalam pendidikan
keperawatan dari tahun 1930-an sampai sekarang O'Malley, 1996)
KETERBATASAN
¡ Kurangnya
hubungan konseptual antara karakteristik manusia fisiologis dan lainnya.
¡ Ada
konsep holistik sifat manusia.
¡ Jika
asumsi yang dibuat bahwa 14 komponen diprioritaskan, hubungan antara
komponen-komponen tidak jelas.
¡ Saling berkaitan faktor dan
pengaruh asuhan keperawatan.
¡ Membantu
individu dalam proses sekarat ia berpendapat bahwa perawat membantu, tapi ada
sedikit penjelasan dari apa yang perawat tidak.
¡ "Kematian
Damai" adalah peran keperawatan penasaran dan signifikan
Kesimpulan
¡ Henderson
menyediakan esensi dari apa yang dia percaya adalah definisi dari keperawatan.
¡ Dia
tidak berniat untuk mengembangkan teori keperawatan melainkan ia mencoba untuk
menentukan fokus unik keperawatan.
¡ Penekanannya
pada kebutuhan dasar manusia sebagai fokus sentral dari praktik keperawatan
telah menyebabkan pengembangan teori lebih lanjut mengenai kebutuhan orang dan
bagaimana keperawatan dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
¡ Definisinya
keperawatan dan 14 komponen asuhan keperawatan dasar tidak rumit dan cukup
jelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar