Laman

Saturday, January 28, 2012

Betty Neuman


Betty Neuman
INTRODUCTION
ž  Model sistem Betty Neuman menyediakan komprehensif dan holistik yang fleksibel berbasis perspektif sistem untuk melindungi.
ž  Ini berfokus pada respon sistem klien terhadap stresor lingkungan aktual atau potensial dan penggunaan primer, intervensi keperawatan pencegahan sekunder dan tersier untuk retensi, pencapaian, dan pemeliharaan kesehatan yang optimal sistem klien
SEJARAH DAN LATAR BELAKANG DARI ahli teori
ž  Betty Neuman lahir pada tahun 1924, di Lowel, Ohio.
ž  BS di keperawatan pada tahun 1957
ž  MS dalam Kesehatan Masyarakat konsultasi kesehatan mental, dari UCLA pada tahun 1966.
ž  Ph.D. dalam psikologi klinis
ž  pelopor dalam gerakan kesehatan mental masyarakat pada akhir tahun 1960.
ž  mengembangkan model saat bekerja sebagai dosen di keperawatan kesehatan masyarakat di University of California, Los Angeles.
ž  Model ini diterbitkan pada tahun 1972 sebagai "A Model Pendekatan Pengajaran Orang Total Masalah Pasien" di Nursing Research.
ž  Itu halus dan kemudian diterbitkan dalam edisi pertama dari Model Konseptual untuk Praktik Keperawatan,, 1974 dan dalam edisi kedua di tahun 1980
BASIC ASUMSI
Betty Neuman mengambil inspirasi dalam mengembangkan teorinya dari teori-teori berikut / filsuf:

1. Pierre Tielhard deChardin: seorang filsuf-imam yang percaya manusia terus berkembang menuju tingkat kesempurnaan - Omega Point

2. Teori Gestalt: Sebuah teori asal Jerman yang mengusulkan bahwa interaksi dinamis dari individu dan situasi menentukan pengalaman dan perilaku.

3. Sindrom Adaptasi Umum terutama berbicara tentang reaksi seseorang terhadap stres pada 3 tingkat alarm) b) resistensi c) kelelahan

4. Teori Sistem Umum mendalilkan bahwa dunia terdiri dari sistem yang saling berhubungan dan dipengaruhi oleh satu sama lain.
KONSEP UTAMA
ž  Dilihat klien sebagai sistem terbuka yang terdiri dari sebuah struktur dasar atau inti pusat sumber daya energi yang mewakili lingkaran konsentris
ž  Setiap lingkaran konsentris atau lapisan terdiri dari lima area variabel yang dipertimbangkan dan terjadi secara simultan di setiap lingkaran konsentris klien. Ini adalah:
1.      Fisiologis - mengacu struktur tubuh dan fungsi.
2.      Psikologis - mengacu pada proses mental, berfungsi dan emosi.
3.      Sosial budaya - mengacu pada hubungan, dan fungsi sosial / budaya dan kegiatan.
4.      Spiritual - mengacu pada pengaruh kepercayaan spiritual.
5.      Perkembangan - mengacu pada proses perkembangan kehidupan.
Energi Sumber Daya Dasar Struktur
Hal ini dikenal sebagai inti pusat, yang terdiri dari faktor-faktor kelangsungan hidup dasar umum untuk semua organisme. Ini meliputi:
    1. Kisaran suhu - suhu tubuh regulasi kemampuan
    2. Struktur genetik - rambut warna dan fitur tubuh
    3. Respon pola - fungsi sistem tubuh homeostatically
    4. Organ kekuatan atau kelemahan
    5. ego struktur
    6. Knowns atau kesamaan - sistem nilai
  Sistem seseorang adalah suatu sistem terbuka - dinamis dan terus berubah dan berkembang
  Stabilitas, atau homeostasis, terjadi ketika jumlah energi yang tersedia melebihi yang digunakan oleh sistem.
  Sebuah sistem tubuh homeostatis terus-menerus dalam suatu proses dinamis dari input, output, umpan balik, dan kompensasi, yang mengarah ke keadaan keseimbangan
7.      Garis Pertahanan Fleksibel
  Apakah batas luar ke garis pertahanan normal, garis perlawanan, dan struktur inti.
  Membuat sistem bebas dari stres dan tergantung pada jumlah tidur, status gizi, serta kualitas dan kuantitas stres suatu pengalaman individu.
  Jika garis pertahanan fleksibel gagal untuk memberikan perlindungan yang memadai untuk garis pertahanan normal, garis perlawanan menjadi aktif.
8.      Jalur normal Pertahanan
  Merupakan tingkat kesehatan klien biasa.
   Dapat berubah dari waktu ke waktu dalam menanggapi untuk mengatasi atau menanggapi lingkungan, yang meliputi kecerdasan, sikap, pemecahan masalah dan kemampuan koping. Contoh adalah kulit halus yang terus-menerus dan adil akhirnya akan membentuk berperasaan berulang kali.
9.      Garis Perlawanan
  batas terakhir yang melindungi struktur dasar
  Melindungi struktur dasar dan menjadi aktif ketika stres lingkungan menyerang garis pertahanan normal. Sebuah contoh akan adalah bahwa ketika bakteri tertentu memasuki sistem kami, ada peningkatan jumlah leukosit untuk memerangi infeksi.
  Jika garis perlawanan yang efektif, sistem dapat menyusun kembali dan jika garis perlawanan yang tidak efektif, hilangnya energi yang dihasilkan dapat mengakibatkan kematian.
10.  Stresor
·        Apakah mampu menghasilkan baik efek positif atau negatif pada sistem klien.
·        Apakah ada kekuatan lingkungan yang berpotensi dapat mempengaruhi stabilitas sistem:
a.      Intrapersonal - terjadi dalam diri orang, contohnya adalah infeksi, pikiran dan perasaan
b.      Interpersonal - terjadi antara individu, misalnya Peran harapan
c.       Extrapersonal - terjadi di luar individu, misalnya pekerjaan atau keuangan kekhawatiran
·        Reaksi seseorang terhadap stres tergantung pada kekuatan garis pertahanan.
·        Ketika garis pertahanan gagal, reaksi yang dihasilkan tergantung pada kekuatan garis perlawanan.
·        Sebagai bagian dari reaksi, sistem seseorang dapat beradaptasi dengan stressor, efek yang dikenal sebagai pemulihan.
Pemulihan
  Apakah peningkatan energi yang terjadi dalam kaitannya dengan tingkat reaksi terhadap stressor yang dimulai setelah memulai pengobatan untuk invasi stres.
  Dapat memperluas garis pertahanan normal melampaui tingkat sebelumnya, menstabilkan sistem pada tingkat yang lebih rendah, atau kembali ke tingkat yang ada sebelum penyakit.
  Intervensi keperawatan berfokus pada mempertahankan atau menjaga stabilitas sistem.
  Dengan cara intervensi primer, sekunder dan tersier, orang (atau perawat) upaya untuk mengembalikan atau mempertahankan stabilitas sistem.
Pencegahan
ž  Pencegahan primer berfokus pada melindungi garis pertahanan normal dan memperkuat garis pertahanan fleksibel. Ini terjadi sebelum sistem bereaksi terhadap stressor dan memperkuat orang (terutama garis pertahanan fleksibel) untuk memungkinkan dia untuk kesepakatan yang lebih baik dengan stres dan juga memanipulasi lingkungan untuk mengurangi atau melemahkan stres. Termasuk promosi kesehatan dan pemeliharaan kesehatan.
ž  Pencegahan sekunder berfokus pada penguatan internal garis resistensi, mengurangi reaksi stressor dan meningkatkan faktor resistensi untuk mencegah kerusakan pada inti pusat. Hal ini terjadi setelah sistem bereaksi terhadap stressor. Ini termasuk perawatan yang tepat untuk mencapai gejala klien stabilitas sistem optimal dan konservasi energi.
ž  Pencegahan tersier berfokus pada readaptation dan stabilitas, dan melindungi rekonstitusi atau kembali ke kesehatan setelah perawatan. Hal ini terjadi setelah sistem telah diobati melalui strategi pencegahan sekunder. Pencegahan tersier menawarkan dukungan kepada klien dan upaya untuk menambah energi ke sistem atau mengurangi energi yang dibutuhkan dalam rangka untuk memfasilitasi pemulihan
PARADIGMA KEPERAWATAN
PERSON
ž  Manusia adalah orang total sebagai sistem klien dan orang adalah makhluk multidimensi berlapis.
ž  Setiap lapisan terdiri dari lima variabel orang atau subsistem:
         Fisiologis - Mengacu struktur fisikokimia dan fungsi tubuh.
         Psikologis - Mengacu pada proses mental dan emosi.
         Sosial-budaya - Mengacu pada hubungan, dan harapan sosial / budaya dan kegiatan.
         Spiritual - Mengacu kepada pengaruh kepercayaan spiritual.
         Perkembangan - Mengacu pada proses-proses terkait dengan pembangunan selama umur.
LINGKUNGAN
ž  Lingkungan dipandang sebagai totalitas kekuatan internal dan eksternal yang mengelilingi seseorang dan dengan mana mereka berinteraksi pada waktu tertentu.
ž  Kekuatan ini termasuk stresor intrapersonal, interpersonal dan ekstra-pribadi yang dapat mempengaruhi garis normal orang tersebut pertahanan dan sehingga dapat mempengaruhi stabilitas sistem.
         Lingkungan internal ada dalam sistem klien.
         Lingkungan eksternal ada di luar sistem klien.
         Lingkungan diciptakan adalah lingkungan yang diciptakan dan dikembangkan secara tidak sadar oleh klien dan simbolik dari keutuhan sistem.
KESEHATAN
ž  Kesehatan sebagai disamakan dengan kesehatan. Kesehatan / kesehatan didefinisikan sebagai "kondisi di mana semua bagian dan subparts (variabel) selaras dengan seluruh klien (Neuman, 1995)”
ž  Sistem klien bergerak ke arah penyakit dan kematian ketika energi diperlukan lebih banyak daripada yang tersedia. Sistem klien bergerak menuju kesehatan ketika energi lebih tersedia daripada yang dibutuhkan
KEPERAWATAN
ž  Neuman melihat keperawatan sebagai profesi yang unik yang berkaitan dengan semua variabel-variabel yang mempengaruhi respon seseorang mungkin harus stressor.
ž   Orang itu dilihat sebagai keseluruhan, dan itu adalah tugas keperawatan untuk mengatasi seluruh orang.
ž   Neuman mendefinisikan keperawatan sebagai "tindakan yang membantu individu, keluarga dan kelompok untuk mempertahankan tingkat kesehatan maksimum, dan tujuan utama adalah stabilitas sistem pasien / klien, melalui intervensi keperawatan untuk mengurangi stres.’
ž  Neuman menyatakan bahwa, karena persepsi perawat akan mempengaruhi perawatan yang diberikan, maka tidak hanya harus pasien / klien persepsi dinilai, tapi begitu harus orang-orang dari pengasuh (perawat).
ž   Peran perawat dilihat dari segi derajat reaksi terhadap stres, dan penggunaan primer, sekunder dan tersier intervensi

No comments:

Post a Comment